PENERAPAN METODE CARD SORT PADA MATERI ASMAUL HUSNA AL-ALIM, AL-KHABIR, AS- SAMI,AL-BASHIR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS VII (TUJUH) DI SMP NEGERI 1 TOLANGOHULA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar PAI di kelas VII yang masih rendah, siswa juga kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak kondusif. Keterbatasan media yang digunakan guru dan metode mengajar guru menjadi salah satu penyebabnya. Penerapan metode card sort diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata Pelajaran PAI materi Asmaul Husna al-alim, al-khabir, as-sami, al-bashir. Karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan permasalahan penelitian “Apakah metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tolangohula?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tolangohula yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata- rata pada pra siklus sebesar 61 dengan persentase ketuntasan klasikal 45%, rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 75 dengan persentase ketuntasan klasikal 75% sedangkan rata- rata hasil belajar siswa siklus II sebesar 82,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 100%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII materi Asmaul Husna al-alim, al- khabir, as-sami, al-bashir di SMP Negeri 1 Tolangohula