PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BONGOMEME
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Malaikat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Make A Match. Adapun subyek penelitian ini adalah peserta didik Fase D dikelas VII di SMP Negeri 2 Bongomeme , yang terdiri dari 18 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan rumus presentase yaitu: Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Iman Kepada Malaikat”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Make a Match hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (27,78%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 57,17. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak peserta didik 9 (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,67 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 peserta didik (88,89%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87,06. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Make a Match. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.