Penerapan Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Kisah Arab Pra- Islam Di Kelas III SD Negeri 1 Poigar Budidaya
Keywords:
Pemahaman peserta didik, Media AnimasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Kisah Arab Pra-Islam dengan menggunakan video animasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 1 Poigar Budidaya Tahun ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 6 peserta didik perempuan dan 4 peserta didik laki-laki dengan total keseluruhan adalah 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan penggunaan video animasi berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Kisah Arab Pra-islam. Setelah diterapkannya pengunaan video animasi tersebut pada siklus I sebanyak 3 peserta didik (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 76,53 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran denga nilai rata-rata 100. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media animasi ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.