Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Aku Bangga Berpuasa Kelas III Dengan Menggunakan Metode Make A Match Di SDN 2 Mopusi Kecamatan Lolayan

Authors

  • Frein Anggrah Mokoagow SDN 2 Mopusi

Keywords:

Hasil Belajar, Materi Aku Bangga Berpuasa, Metode Make A Match

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti materi Aku Bangga Berpuasa kelas III dengan menggunakan metode Make a Match  di SDN 2 Mopusi kec Lolayan Kab Bolaang Mongondow  Tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 14 orang. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan 4 prosedur yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data diperoleh melalui tes dan observasi. Selanjutnya dianalisis dengan model interaktif dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan ditemukan bahwa meningkatkan hasil belajar peserta didik dinyatakan berhasil, hal tersebut dengan adanya adanya peningkatan dalam hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas III SDN 2 Mopusi pada pra siklus adalah 48 dengan ketuntasan 7,14%. Pada siklus I meningkat menjadi 63 dengan ketuntasan 42,8% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79 dengan ketuntasan 86%.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Anggrah Mokoagow, F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Aku Bangga Berpuasa Kelas III Dengan Menggunakan Metode Make A Match Di SDN 2 Mopusi Kecamatan Lolayan . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 245–258. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5396