Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Jenazah Dengan Menggunakan Pendekatan TPACK

Authors

  • Idhar Markus SMP Negeri 5 Lolak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Lolak Tahun Ajaran 2023/2024 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK).Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua membahas materi pokok Shalat Jenazah . Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan pendekatan TPACK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII mulai dari pra tindakan, siklus I dan siklus II, yaitu 40 % pada tahap pratindakan meningkat menjadi 70 % pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan pendekatan TPACK dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Lolak

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Markus, I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Shalat Jenazah Dengan Menggunakan Pendekatan TPACK. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 269–283. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5398