PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS II (DUA) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 9 MOOTILANGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an, khususnya Surah An-Nas, pada peserta didik kelas II di Sekolah Dasar Negeri 9 Mootilango melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example. Model pembelajaran ini menggunakan contoh visual sebagai media untuk mempermudah siswa dalam memahami materi dan meningkatkan daya hafalan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melibatkan 25 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Example Non Example secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Surah An-Nas. Pada siklus kedua, siswa menunjukkan peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan siklus pertama, baik dari segi kelancaran membaca maupun kemampuan menghafal. Oleh karena itu, model Example Non Example direkomendasikan sebagai salah satu metode yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Al-Qur'an, terutama di tingkat sekolah dasar.