MENERAPKAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATERI MAKNA BERIMAN PADA HARI AKHIR KELAS V SD NEGERI 4 TABONGO

Authors

  • Rahmat A. Bulongkod SD Negeri 4 Tabongo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman  peserta didik Melalui Metode Index Card Match Pada Materi Makna Beriman Pada Hari Akhir Di Kelas V SD Negeri 4 Tabongon Tahun  Ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 20  pesertadidik.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian in imenggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikutini :1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion).  Hasil penelitian, berdasarkanhasil test pada prasiklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil Pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Makna Beriman Pada Hari Akhir”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Index Card Match hasil Pemahaman  peserta didik  secara klasikal hanya 5 peserta didik  (25 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67,23. Setelah diterapkannya metode tersebutpada siklus I sebanyak  peserta didik  10 (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71.09  dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 peserta didik  (80%) tuntas dalam  pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.55.Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar pesertadidikdengan menggunaka nmetode Index Card Match. Peserta didik  lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung pesertadidik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Rahmat A. Bulongkod. (2022). MENERAPKAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATERI MAKNA BERIMAN PADA HARI AKHIR KELAS V SD NEGERI 4 TABONGO. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 672–680. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5416