Implementasi Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Sekolah Produktif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri 1 Pinonobatuan

Authors

  • Mardia Mamonto SDN 1 Pinonobatuan

Keywords:

Gaya Hidup Berkelanjutan, Sekolah Produktif, P-5

Abstract

Artikel ini membahas pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri 1 Pinonobatuan, dengan fokus pada tema gaya hidup berkelanjutan untuk mewujudkan sekolah produktif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pengelolaan sampah dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P5 berhasil meningkatkan kesadaran lingkungan siswa dan menciptakan peluang usaha sekolah berbasis 3R. Artikel ini juga membahas pentingnya integrasi antara teori dan praktik dalam pembelajaran berbasis proyek.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Mamonto, M. (2023). Implementasi Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Mewujudkan Sekolah Produktif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD Negeri 1 Pinonobatuan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 323–332. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5423