Penggunakaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Masa Kanak-Kanak dan Remaja Nabi Muhammad Saw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas III SD Negeri Mondatong

Authors

  • Mardiani Adampe SD Negeri Mondatong

Keywords:

Media Audiovisual, Hasil Belajar, Masa Kanak-Kanak dan Remaja Nabi Muhammad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Masa Kanak-Kanak dan Remaja Nabi Muhammad Saw Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan media Audiovisual. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase B SD Negeri Mondatong Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh penggunaan media Audiovisual berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Masa kanak-kanak dan remaja nabi Muhammad Saw. Sebelum diterapkannya media Audiovisual hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 44. Setelah diterapkannya media Audiovisual pada siklus I sebanyak 5 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,8 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85,6. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Adampe, M. (2023). Penggunakaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Masa Kanak-Kanak dan Remaja Nabi Muhammad Saw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas III SD Negeri Mondatong . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 333–345. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5424