Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hadits Kebersihan Kelas V SDN Kecil Tangkasi Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara

Authors

  • Maulana Ibrahim SDN Kecil Tangkasi

Keywords:

Project Based Learning, Materi Hadits Kebersihan, Hasil Belajar

Abstract

kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan diri, lingkungan kelas, dan sekolah. Mengatasi masalah ini, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan aplikatif. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Penerapan PJBL pada materi hadis kebersihan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pentingnya kebersihan serta hasil belajar mereka secara keseluruhan. Penelitian ini difokuskan pada siswa fase C (kelas 5) di SDN Kecil Tangkasi Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Penerapan metode Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar materi hadits kebersihan pada siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecil Tangkasi Wori Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara Tahun Pelajaran 2022/2023, terbukti dari adanya peningkatan hasil penelitian pada setiap siklusnya. Bahwa  nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 70,34, dengan jumlah siswa tuntas 58,3 % siswa, jumlah siswa belum tuntas 41,7 % Setelah dilaksanakan siklus II hasilnya yaitu nilai rata-rata siswa 78, dengan jumlah siswa tuntas  80,25 % siswa, jumlah siswa belum tuntas 19,75%. Setelah dilaksanakan siklus 2 hasil nilai siswa mengalami perubahan yang baik.

Downloads

Published

2023-05-01

How to Cite

Ibrahim, M. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hadits Kebersihan Kelas V SDN Kecil Tangkasi Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 346–360. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5425