MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SHARING

Authors

  • Abdul Waris SDIT Al Ihsan Wahdah Islamiyah Bantaeng

Abstract

Iman kepada hari akhir adalah rukun iman fundamental dalam ajaran Islam yang mempengaruhi perilaku individu. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana pemahaman tentang hari akhir memengaruhi perilaku moral dan etika. Dengan pendekatan kualitatif, wawancara mendalam dan survei dilakukan terhadap 111 responden dari berbagai latar belakang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman yang baik tentang hari akhir meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab moral, mendorong perilaku positif, dan mengurangi tindakan merugikan. Presentasi hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus, 40% responden memahami tanggung jawab moral; meningkat menjadi 60% pada siklus 1, 75% pada siklus 2, dan 90% pada siklus 3. Responden dengan iman yang kuat cenderung lebih aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, menunjukkan hubungan positif antara iman dan tindakan sosial. Penelitian ini menekankan pentingnya pendidikan yang berfokus pada iman kepada hari akhir untuk membentuk karakter individu yang bertanggung jawab dan peduli. Hasil penelitian ini relevan untuk pengembangan kurikulum pendidikan agama yang lebih integratif, yang dapat memperkuat nilai-nilai moral dan etika dalam masyarakat, serta mendorong generasi muda untuk lebih sadar akan tanggung jawab mereka di dunia dan akhirat.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Abdul Waris. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI IMAN KEPADA HARI AKHIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SHARING . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 1–15. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5426