MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 SD INPRES PALANJON DALAM MATERI TATA CARA BERSUCI MELALUI METODE DEMONSTRASI

Authors

  • Andi Haera Andriani SD INPRES PALANJONG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tata cara bersuci melalui metode Demonstrasi. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SD Inpres Palanjong yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Demostrasi berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tata cara bersuci. Sebelum diterapkannya metode Demostrasi hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Andi Haera Andriani. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 SD INPRES PALANJON DALAM MATERI TATA CARA BERSUCI MELALUI METODE DEMONSTRASI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 31–43. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5428