Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Zakat Melalui Penerapan Metode Pembelajaran “Team Quizz” Kelas VI SD Negeri 1 Tadoy Bolaaang Mongondow
Keywords:
Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran Team QuizzAbstract
Tulisan ini membahas upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi zakat melalui penerapan metode pembelajaran team quiz p di Kelas VI di SD Negeri 1 Tadoy Bolaang Mongondow. Metode penelitian yang digunakan adalah menetode penelitian Tindakan kelas, Penelitan tindakan kelas (PTK) menjadi salah satu model penelitian yang dilakukan pada bidang pendidikan dimana peneliti melakukan penelitian secara langsung. dalam penelitian ini peneliti sejak perencanaan penelitian senantiasa terlibat, selanjutnya peneliti memantau, mencatat dan mengumpulkan data, lalu menganalisa data serta berakhir dengan melaporkan hasil penelitiannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode team quiz berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 100% hal ini membuktikan bahwa guru dan peserta didik memahami langkah-langkah metode team quiz. Motivasi Belajar peserta didik setelah menggunakan metode team quiz pada materi zakat kelas VI berada pada kategori pada kategori “tinggi” dengan rata-rata 46,08 dibandingkan sebelum menggunakan metode team quiz berada pada kategori “rendah” dengan rata-rata 34,67 dengan selisih skor 32,91%