UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK UNTUK MENGENAL HURUF HIJAIYYAH MELALUI METODE CARD SHORT DI KELAS I SD INPRES BATEBALLA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode card sort pada siswa Kelas I di SD Inpres Bateballa72 Kecamatan Pa’jukukan Kabupaten Bantaeng. Apakah penerapan metode cart sort dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode card sort pada siswa Kelas I SD Inpres Bateballa di Kecamatan Pa’jukukan Kabupaten Bantaeng tahun pelajaran 2024/2025? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus persentase motivasi belajar siswa, dinyatakan berhasil sudah mencapai batas keberhasilan klasikal sebesar 92,72%. Hasil Penelitian menunjukkan metode card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode card sort pada siswa Kelas I di SD Inpres Bateballa Kecamatan Pa’jukukan Kabupaten Bantaeng tahun pelajaran 2024/2025. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan Siklus I 73,22 % mengalami peningkatan dari pra penelitian (pre test) 69 % peningkatannya yaitu 11 %. Pada siklus II mengalami peningkatan 20 % dari siklus 1.