PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACING DAN LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Hamzah S SD Inpres Tappanjeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual teaching dan learning kelas III SD Inpres Tappanjeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut juga Classroom Action Research (CAR).Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Inpres Tappanjeng. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan (aksi) yang berulang-ulang untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. PTK merupakan penelitian yang di gunakan beberapa siklus terdapa empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (aktion), pengamatan (observasion), dan refleksi (reflection) yang di rancang untuk menemukkan dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang terjadi di kelas. Tingkat keberhasilan kelas dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test yang rata-rata 73,95%  meningkat pada siklus II menjadi 96,75%.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Hamzah S. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACING DAN LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 182–190. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5447