UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MATERI SURAH AN-NASR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS VIDIO PEMBELAJARAN AL-QURAN MENARIK

Authors

  • Harlina SD Negeri 6 Tappanjeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an materi surah An-Nasr peserta didikk kelas III di SD Negeri 6 Tappanjeng melalui pemanfaatan media berbasis vidio Al-Qur’an menarik. Metode ini mengacu pada strategi pembelajaran yang memberikan contoh langsung (pemanfaatn vidio menarik Al-Qur’an) kepada peserta didik dalam melaksanakan membaca Al-Qur’an dengan benar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik, dan wawancara, kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik setelah penerapan metode berbasis vidio . Pada siklus pertama, banyak peserta didik yang masih mengalami kesalahan dalam membaca Al-Qur’an, namun di siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam aspek ketepatan kemampuan membacaAl-Qur’an. Dengan demikian, penerapan metode berbasis vidio terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Harlina. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MATERI SURAH AN-NASR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS VIDIO PEMBELAJARAN AL-QURAN MENARIK . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 204–212. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5449