PENGGUNAAN METODE INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI HAFALAN NAMA-NAMA NABI DAN RASUL

Authors

  • Hasmirah SD Negeri 70 Barakassi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa   pada materi pembelajaran kemampuan menghafal nama-nama nabi dan rasul ulul azmi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Pembelajaran Interaktif. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SD Negeri 70 Barakassi, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan tindakan dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test nilai rata- rata mencapai 73. meningkat pada siklus I menjadi 74,92 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,88. Sedangkan pada aktivitas siswa dalam menghafal nama nabi dan rasul juga mengalami peningkatan dari siklus I mencapai 75,85% meningkat menjadi 82 %. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 72,5% pada siklus I menjadi 93,75 % pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 21,25 %. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada setiap siklus pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Hasmirah. (2024). PENGGUNAAN METODE INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI HAFALAN NAMA-NAMA NABI DAN RASUL. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 213–222. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5450