UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SHOLAT FARDHU MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL

Authors

  • Hawati SDS Muhammadiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti  peserta didik kelas III SDS Muhammadiyah Bantaeng melalui metode audio visual. Metode ini mengacu pada strategi pembelajaran yang memberikan contoh langsung (modeling) kepada peserta didik dalam melaksanakan gerakan dan membaca doa-doa dalam salat secara benar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes praktik, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan gerakan dan bacaan salat peserta didik setelah penerapan metode audio visual. Pada siklus pertama, banyak peserta didik yang masih mengalami kesalahan dalam gerakan dan bacaan, namun di siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam aspek ketepatan gerakan dan kelancaran bacaan salat. Dengan demikian, penerapan metode audio visual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta didik dalam melaksanakan salat.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Hawati. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SHOLAT FARDHU MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 223–232. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5451