PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. AN-NAAS

Authors

  • Irfan SD Inpres Salluang Kabupaten Bantaeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk memahami materi QS. AN- NAASpada mata pelajaran Pendidikan agama islam peserta didik di kelas 1SD INPRES SALLUANG kabupaten bantaeng, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media kahoot yang inovatif. Penelitian ini dilakukan dikela 1SD INPRES SALLUANG kabupaten bantaeng, karena penulis melihat kemampuan peserta didik terutama materi QS. AN-NAASpada mata pelajaran Pendidikan agama islam tergolong rendah yaitu 3,00 %, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan Tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan Tindakan yakni dengan menerapkan media kahoot yang inovatif, kemampuan memahami materi QS. AN-NAASpeserta didik meningkat 80 %. Peningkatan tersebut bisa dilihat data hasil observasi siklus pertama dengan rata-rata 63,4 %, sedangkan hasil observasi pada siklus kedua dengan rata-rata 75,6 %. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi QS. AN-NAAS melalui media kahoot di kelas 1 pada materi QS. AN-NAAS SD Inpres Salluang kabupaten bantaeng.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Irfan. (2024). PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. AN-NAAS. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 257–269. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5455