PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QUR'AN SURAH AL-'ALA
Abstract
Penelitian ini berfokus pada rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Qur'an, khususnya pada Surah Al-'Ala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan model PBL, dengan rata-rata nilai ujian meningkat dari 70 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Dampak dari penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam pendidikan agama Islam