UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) Dapat meningkatkan hasil belajar pada materi indahnya saling berbagi dalam keberagaman pada siswa kelas V SD Inpres Onto kabupaten Bantaeng. Teori yang dipakai terdiri dari teori metode pembelajaran model problem Based Learning dan teori hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian PTK. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas V yang terdiri dari 13 orang peserta didik. penerapan metode Problem Based Learning pada materi saling menghargai dalam keberagaman peserta didik kelas V SDNInpres Onto dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik ke arah yang lebih baik, dikarenakan faktor tersedianya alat-alat dan fasilitas yang memadai, membantu peserta didik menemukan sendiri cara penyelesaian masalah yang dihadapi saat belajar. Pada siklus I terdapat 4 peserta didik yang belum meningkat hasil belajarnya, jadi hasil rata-rata kemampuan peserta didik pada materi saling menghargai dalam keberagaman secara klasikal mencapai 75%, sehingga kemampuan belajar peserta didik secara klasikal pada siklus I sudah tercapai namun belum maksimal. Pada siklus II rata-rata kemampuan peserta didik dalam materi saling menghargai dalam keberagaman meningkat menjadi 90%. Dengan demikian dapat dikatakan metode pembelajaran metode pembelajaran model problem Based Learning sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah pembelajaran.