MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERETA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH SHALAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI

Authors

  • Kasmil SDN 15 Samata

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran ibadah sholat dengan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi  kelas IV SDN 15 Samata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut juga Classroom Action Research (CAR).Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Samata. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan (aksi) yang berulang-ulang untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. PTK merupakan penelitian yang di gunakan beberapa siklus terdapa empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (aktion), pengamatan (observasion), dan refleksi (reflection) yang di rancang untuk menemukkan dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang terjadi di kelas. Tingkat keberhasilan kelas dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test yang rata-rata 73,8%  meningkat pada siklus II menjadi 81,00. %.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Kasmil. (2024). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERETA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH SHALAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 340–349. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5461