UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ALQURAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS V SD INPRES ASAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca al-quran surah al-maun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui media audio visual. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase C1 SD Inpres Asaya Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh media audio visual berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi membaca al-quran surah al-maun. Sebelum diterapkannya media audio visual hasil belajar siswa secara klasikal hanya 1 siswa (6%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 48.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 4 siswa (27%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 62 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.86. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.