MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE CARD SORT MATERI RUKUN ISLAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Nunung Radiatul Emmi SDN 37 Pa’rasangang Beru

Abstract

Tujuan penelitian tidak kelas di lakukan yaitu untuk membuktikan bahwa apakah  penerapan Card Sort berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar kelas 1 fase A SDN 37 Pa’rasangang Beru pada materi rukun Islam. Penelitian tindak kelas berasal dari bahasa inggris classroom action reseach, yang berarti penelitian yang di lakukan pada kelas untuk mengetahui akibat tindak kelas untuk mengetahui Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah Fase A kelas 1 SDN 37 Pa’rasangang Beru Tahun Pelajran 2024-2025. Yang terdiri dari 17 peserta didik.tehnik pengumpulan data menggunakan tes,observasi dan dokumentasi.hasil penelitian pada penerapan Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar pada Fase a kelas 1 di SDN 37 Pa’rasangang Beru mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus ke dua dengan menggunakan metode Card Sort dimana mengalami peningkatan tingkat ketuntasan sebanyak 17,65%  di mana dari jumlah siswa yang tuntas hanya 70,58% atau 12 siswa menjadi 88,23% atau 15 siswa yang sudah mengalami ketuntasan sehingga Penelitian tindak kelas dengan menggunakan metode Card Sort sudah mengalami peningkatan

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Nunung Radiatul Emmi. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE CARD SORT MATERI RUKUN ISLAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 481–492. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5474