Penerapan Metode Market Place Activity Dengan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Haji Dan Umrah di SMP Negeri 5 Lolak
Keywords:
Market Place Activity, TPACK, Hasil Belajar, Haji Dan UmrahAbstract
Tulisan ini merupakan hasil Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang peneliti laksanakan pada kelas IX mata pelajaran PAI, semester genap tahun pelajaran 2022/2023 di SMP Negeri 5 Lolak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi haji dan umrah melalui penggunaan metode market place activity dengan pendekatan TPACK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 Lolak yang berjumlah 12 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara berkesinambungan melalui 2 siklus, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi/pengamatan dan tahap refleksi yang hasilnya mengindikasi peningkatan hasil belajar siswa melalui observasi dan dilihat dari ketuntasan hasil belajar. Sesuai dengan hasil pra tindakan nilai rata-rata peserta didik hanya berkisar 53,3 dan ini masih dikatakan kurang dari nilai standar ketuntasan yakni 25. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar terlihat pada nilai hasil belajar peserta didik yang berkisar 64,25 tapi masih belum bisa dikatakan berhasil karena belum mencapai nilai standar ketuntasan, sedangkan pada siklus II sudah berhasi dilihat hasil belajar peserta didik sudah meningkat dibandingkan dari hasil pra tindakan dan siklus I yakni 82,83 dengan presentase ketuntasan belajar 83,33% dari 12 orang peserta didik. Peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran karena metode market place activity dengan pendekatan TPACK mendukung peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dengan penggunaan metode market place activity dengan pendekatan TPACK ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX di SMP Negeri 5 Lolak.