Meningkatkan Hasil Belajar Surah Al-Ikhlas Dengan Menggunakan Metode Make A Match Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas I SD Negeri 1 Mopuya
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Make A MatchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti, khususnya dalam memahami Surah Al-Ikhlas, melalui penerapan metode Make A Match di SD Negeri 1 Mopuya, Kecamatan Dumoga Utara, Kab. Bolaang Mongondow. Metode Make A Match adalah pendekatan pembelajaran kooperatif yang melibatkan peserta didik dalam aktivitas pencarian pasangan soal dan jawaban secara kolaboratif. Melalui observasi dan wawancara, ditemukan bahwa proses pembelajaran PAI yang sebelumnya dominan menggunakan metode ceramah menyebabkan rendahnya keterlibatan dan kreativitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Make A Match, peserta didik menjadi lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran, sehingga terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman materi dan hasil belajar mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi dalam metode pengajaran sangat penting untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik di era modern