MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATERI SYU'BUL IMAN KELAS XI SMKN 1 LIMBOTO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi syu’abul Iman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Mind Mapping. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase F kelas XI MP2 di SMKN 1 Limboto yang terdiri dari 27 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Syu’abul Iman (Cabang-cabang Iman”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Mind Mapping hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 7 peserta didik (25.93%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.44. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak peserta didik 20 (76.07%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 26 peserta didik (96.29 %) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 89.18. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Mind Mapping. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.