UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI POKOK BERSUCI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar materi bersuci kelas I SDN 38 Janna-jannya 2) untuk mengetahui pengaruh penerapam metode demonstrasi terhadap hasil belajar materi bersuci kelas I SDN 38 Janna-jannaya. Teori yang dipakai terdiri dari teori metode pembelajaran demonstrasi dan teori hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian PTK. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas I yang terdiri dari 10 orang peserta didik. penerapan metode demonstrasi pada materi berusci peserta didik kelas I SDN 38 Janna-jannaya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik ke arah yang lebih baik, dikarenakan faktor tersedianya alat-alat dan fasilitas yang memadai, membantu peserta didik menemukan sendiri cara penyelesaian masalah yang dihadapi saat belajar. Pada siklus I terdapat 5 peserta didik yang belum meningkat hasil belajarnya, jadi hasil rata-rata kemampuan peserta didik pada materi bersuci secara klasikal mencapai 50%, sehingga kemampuan belajar peserta didik secara klasikal pada siklus I sudah tercapai namun belum maksimal. Pada siklus II rata-rata kemampuan peserta didik dalam materi bersuci meningkat menjadi 90%. Dengan demikian dapat dikatakan metode pembelajaran demonstrasi sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah pembelajaran.