MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE PONDASI PADA MATERI MEMBACA BASMALLAH MELALUI AUDIO VISUAL TK DDI MATTOANGING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik fase pondasi pada materi membaca Basmallah melalui media audio visual di TK DDI Mattoanging. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 10 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam membaca Basmallah dapat ditingkatkan dengan menggunakan media audio visual. Pada tahap prasiklus, hasil observasi menunjukkan bahwa hanya 30% peserta didik yang mampu membaca Basmallah dengan benar, yang tergolong dalam kriteria mulai berkembang. Setelah penerapan media audio visual pada siklus I, persentase peserta didik yang mampu membaca Basmallah meningkat menjadi 60%, yang termasuk dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Pada siklus II, terdapat peningkatan lebih lanjut dengan persentase mencapai 85%, yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik, serta telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 80%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Basmallah pada peserta didik TK DDI Mattoanging