PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI NABI DAN RASUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk memahami materi nabi dan rasul pada mata pelajaran Pendidikan agama islam peserta didik di kelas 1 SD Negeri 10 Pasorongi kabupaten bantaeng, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media kahoot yang inovatif. Penelitian ini dilakukan dikela 1 SD Negeri 10 Pasorongi kabupaten bantaeng, karena penulis melihat kemampuan peserta didik terutama materi nabi dan rasul pada mata pelajaran Pendidikan agama islam tergolong rendah yaitu 3,00 %, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan Tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan Tindakan yakni dengan menerapkan media kahoot yang inovatif, kemampuan memahami materi nabi dan rasul peserta didik meningkat 80 %. Peningkatan tersebut bisa dilihat data hasil observasi siklus pertama dengan rata-rata 63,4 %, sedangkan hasil observasi pada siklus kedua dengan rata-rata 75,6 %. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi nabi dan rasul melalui media kahoot di kelas 1 pada materi nabi dan rasul SD Negeri 10 Pasorongi kabupaten Bantaeng.