Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Basmallah Dan Hamdallah Pada Siswa Kelas 1 SD IT An-Nahl Kotamobagu
Keywords:
Metode Reading Aloud, Pemahaman BacaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Metode Reading Aloud Untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Basmallah Dan Hamdallah Pada Siswa Kelas 1 SD IT An-Nahl Kotamobagu Tahun 2021-2022 terhadap materi "Aku Suka Membaca Basmallah dan Hamdallah" menggunakan metode Reading Aloud. Metode Reading Aloud dipilih karena memungkinkan siswa membaca dengan suara lantang, sehingga mereka dapat memahami teks secara lebih mendalam melalui pendengaran dan pengucapan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas 1 SD IT An-Nahl Kotamobagu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 63,14 pada pra-siklus menjadi 85,21 pada post-test siklus kedua. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat, dari hanya 21,43% pada pra-siklus menjadi 100% pada siklus kedua. Penerapan metode Reading Aloud terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa, sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan metode Reading Aloud sebagai alternatif dalam pengajaran materi keagamaan di kelas rendah untuk membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam