Implementasi Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VI SD Negeri 1 Kema

Authors

  • Suriyani Endang Gobel SD Negeri 1 KEMA

Keywords:

Metode Ceramah, Motivasi Belajar

Abstract

Metode adalah cara atau suatu prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagai usaha dalam rangka menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif, salah satunya adalah kecekatan dari seorang guru dalam memilih sebuah metode dan pendekatan emosional terhadap siswa. Untuk itu seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai bebarapa metode dan pendekatan emosional yang akan di tetapkan saja, tetapi guru juga harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, terampil mengajar, pemanfaatan sumber belajar, menguasai emosional siswa, penguasaan kondisi kelas dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau di sebut dengan Classroom Action Research yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru dikelas atau sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan   pada   penyempurnaan atau peningkatan proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah yang disampaikan dengan cara yang interaktif dan melibatkan siswa secara aktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Faktor-faktor seperti gaya penyampaian guru, penggunaan media pembelajaran, dan relevansi materi terhadap kehidupan sehari-hari siswa memainkan peran penting dalam mempengaruhi motivasi belajar. Meskipun demikian, penggunaan metode ceramah secara terus-menerus tanpa variasi metode lain dapat menurunkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar metode ceramah dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain seperti diskusi atau tanya jawab untuk menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan menarik

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Endang Gobel, S. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VI SD Negeri 1 Kema. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 569–580. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5496