Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Iman Kepada Nabi Dan Rasul Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Modayag Barat

Authors

  • Nurbaity Mamonto SMP Negeri 1 Modayag Barat

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make a Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Nabi dan Rasul melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini termasuk pada Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah fase D kelas VIII SMP Negeri 1 Modayag Barat Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 15 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Nabi dan Rasul. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Make a Match hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (20%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 58,6. Setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siklus I sebanyak 7 orang peserta didik (46,6%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68 dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan sebanyak 13 peserta didik (86,6%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 78,93. Peserta didik lebih terlibat aktif dan antusias dalam pembelajaran karena model pembelajaran ini menuntut peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Mamonto, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Iman Kepada Nabi Dan Rasul Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Modayag Barat . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 603–615. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5499