Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Memahami Ayat Al-Qur’an Dan Hadis Tentang Pentingnya Iman Melalui Penggunaan Video Pembelajaran Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Kotamobagu
Keywords:
Motivasi belajar, video pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Memahami Ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang pentingnya Iman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SMP N 1 Kotamobagu Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki (Total Keseluruhan 15). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan penggunaan video pembelajaran berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Iman. Setelah diterapkannya penggunaan video pembelajaran tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66.66 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.30. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.