PENGGUNAAN MEDIA EDUCANDY DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI RUKUN SALAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas 3 SD Negeri 13 Libboa terkait materi Rukun Salat dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penggunaan media pembelajaran interaktif, Educandy. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat siklus: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah penerapan Educandy. Pada pra siklus, hanya 35,71% siswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 64,28%, dan pada siklus II mencapai 85,71%. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media interaktif dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif, serta memahami materi Rukun Salat dengan lebih baik. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang efektivitas metode pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi guru dalam mendidik siswa di sekolah dasar.