UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENELADANI PERILAKU NABI MUSA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar materi meneladani perilaku Nabi Musa pada murid kelas dua SDN 35 Lannying. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi penelitian ini dilakukan di SDN 35 Lannying Kab. Bantaeng kelas dua. Penelitian ini dilakukan karena penulis melihat kemampuan peserta didik dalam memahami materi Meneladani Perilaku Nabi Musa tergolong masih rendah yaitu 50% berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan dilakukan. Hasil penelitian ini setelah di terapkannya tindakan pemebelajatan kooperatif , menunjukkan peningkatan. Peningkatan tersebit terlihat dari hasil observasi pada siklus pertama dengan rata- rata 50%, sedangkan pada siklus ke dua meningkat menjadi 90%. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Meneladani Perilaku Nabi Musa di kelas II SDN 35 Lannying Kab. Bantaeng