PENERAPAN METODE MARKETPLACE ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAKAT

Authors

  • Suriani SD Negeri 57 Campaga

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran interaktif pada materi Zakat dengan pokok bahasan Pengertian, macam-macam serta ketentuan penerima dan hikmah zakat. Kelas yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah peserta didik 20 orang, yang terdiri dari 8 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan yag dibagi dua kali pertemuan untuk setiap siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan evaluasi dan refleksi untuk menilai ketercapaian hasil belajar peserta didik. Sebelum dilaksanakannya tindakan, terlebih dahulu dilakukan pre tes untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik terhadap materi dan post tes untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar peserta didik. Sebelum dilaksanakan tindakan pada siklus 1, guru melakukan pre tes terhadap kemampuan awal peserta didik, dan diperoleh hasil dari 20 orang peserta didik kesemuanya memperoleh kriteria penilaian mulai berkembang atau pada rentang nilai 34 sampai 68 dengan rata-rata 40,4%.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Suriani. (2022). PENERAPAN METODE MARKETPLACE ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAKAT . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 932–945. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5514