UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI SIFAT-SIFAT RASUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sifat-Sifat Rasul di Kelas IV SD Negeri 20 Tala-Tala Kabupaten Bantaeng melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Pendekatan ini dilakukan sebagai solusi terhadap permasalahan rendahnya pemahaman dan partisipasi belajar siswa pada materi tersebut. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD Negeri 20 Tala-Tala Kab Bantaeng, Karena penulis melihat kemampuan peserta didik terutama materi sifat-sifat Rasul pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 50 % ini berdasarkan hasil obsevasi sebelum dilakasanakan tindakan.Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif, kemampuan memahami materi sifat-sifat Rasul peserta didik meningkat. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil observasi siklus I dengan rata-rata 50 %, sedangkan hasil observasi pada siklus II dengan rata-rata 92 %. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar peseta didik pada materi sifat-sifat Rasul di kelas IV. Rekomendasi diberikan kepada para guru untuk menerapkan model ini sebagai alternatif strategi pembelajaran dalam mengajarkan materi yang memerlukan pemahaman konsep yang lebih komplekls.