PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FATHU MEKAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Nur Linda SD Inpres Tindang Keke

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar peserta didik untuk memahami Fathu Mekah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V SD Inpres Tindang Keke Eremerasa, Kab Bantaeng, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Kooperatif Student Teams Archievement Division (STAD). Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Inpres Tindang keke , Kab Bantaeng, Karena penulis melihat kemampuan peserta didik terutama materi Fathu Mekah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 67,4%, ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan yakni dengan menerapkan Model Kooperatif Student Teams Archievement Division (STAD), kemampuan memahami materi Fathu Mekah peserta didik meningkat. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari hasil observasi siklus pertama dengan rata-rata 73 %, sedangkan hasil observasi pada siklus kedua dengan rata-rata 80,9 %. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Kooperatif Student Teams Archievement Division (STAD), dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fathu Mekah di kelas V SD Inpres Tindang keke Kab. Bantaeng.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Nur Linda. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FATHU MEKAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 777–788. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5526