PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PUASA KELAS III SD NEGERI 10 PASORONGI KABUPATEN BANTAENG
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 10 Pasorong Kabupaten Bantaeng, karena penulis melihat kemampuan peserta didik terutama materi Puasa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah yaitu 68,83% ini berdasarkan hasil observasi sebelum dilaksanakan tindakan. Berdasarkan tindakan yang dilakukan pada setiap siklus dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 10 Pasorongi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan tindakan dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Nilai rata-rata meningkat pada siklus I 75,00% dan selanjutnya meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,5%. dengan peningkatan sebesar 17%. Berdasarkan analisis data dari setiap siklus pembelajaran, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan tindakan ini berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan.