MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAHNYA KELAS VII SMP NEGERI 2 GANTARANGKEKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengagungkan Allah Swt dengan tunduk pada perintahnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom action Reasearch). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMP Negeri 2 Gantarangkeke Tahun ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengagungkan Allah dengan tunduk pada perintahnya. Hasil penelitian pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test nilai rata- rata siklus I mencapai 77 meningkat pada siklus II menjadi 82,8 . Sedangkan dalam aktivitas peserta didik dalam menjawab soal formatif mengalami peningkatan mulai dari siklus I dengan rata – rata 73 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83 . Berdasarkan hasil Analisis data pelaksanaan pada tindakan pada setiap siklus dinyatakan berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan.