MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA AL QURAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca al-quran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan metode interaktif. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A SDN 57 Campaga Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode pembelajaran interaktif berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi membaca al-quran. Sebelum diterapkannya media audio visual hasil belajar siswa secara klasikal hanya 2 siswa (13%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (53%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69,4 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 79,2. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.