MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW MELALUI MODEL JIGSAW
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hijrah Rasulullah SAW ke Madinah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Strategi Cooperative Learning Model Jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B SDN 11 Sarroanging Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Strategi Cooperative learning model Jigsaw berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya model Jigsaw hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.60 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.60. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.