PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPTS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ZAKAT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
ABSTRAK
Artikel ini membahas penerapan metode Cooperative Scripts dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zakat dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti fase C. Penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah dasar dengan tujuan untuk mengidentifikasi efektivitas metode Cooperative Scripts dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep zakat serta keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan metode ini. Siswa lebih aktif berpartisipasi dan menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi zakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Cooperative Scripts dapat dijadikan alternatif dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif.