PENERAPAN PROBLEM BASED LERANING (PBL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI RUKHSAH SHOLAT PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM CENDEKIA
Keywords:
Pemahaman, Problem Based Learning, PAI dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Rukhsah. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMP Islam Cendekia 2022/2023, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh pendekatan problem based learning yang dikombinasikan dengan diferensiasi serta TPACK berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Rukhsah Sholat. Sebelum diterapkannya model pembelajaran based learning dengan kombinasi diferensiasi hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 60. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 3 siswa (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 7 siswa (70%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhannya