PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEMBACA Q.S AL-HUJURAT/49:13

Authors

  • Agnes Pakaya SD Muhammadiyah Kota Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi membaca Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 di kelas IV. Metode pembelajaran PBL mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses belajar melalui penyelesaian masalah nyata yang relevan dengan materi. Dalam konteks pendidikan agama Islam, PBL memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an melalui pendekatan yang interaktif dan partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap kandungan Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 serta meningkatkan hasil belajar mereka secara signifikan. Peserta didik lebih termotivasi untuk belajar, mampu berpikir kritis, dan memahami makna ayat dengan lebih baik. Oleh karena itu, model pembelajaran PBL direkomendasikan sebagai salah satu pendekatan efektif dalam mengajarkan materi Al-Qur’an, khususnya dalam membaca dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Agnes Pakaya. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEMBACA Q.S AL-HUJURAT/49:13. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 283–290. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5544