PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR SISWA

Authors

  • Fatkhul Hamzah SDN 19 Dungingi

Abstract

Permasalah dalam dunia pendidikan sangat beragam terutama dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu kendala yang dihadapi oleh seorang pendidik adalah rendahnya hasil belajar siswa, Sehingga pendidik dituntut untuk mencari solusi bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada materi beriman kepada hari akhir . Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik pre tes, observasi dan post tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SDN 19 Dungingi Kelas VI yang berjumlah 12 orang siswa dan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan hasil rata-rata sebesar 86,25% yang sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran tingkat hasil belajar siswa sebesar 47,72%. Penggunaan model pembelajaran Problem based learning  terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Fatkhul Hamzah. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR SISWA. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 312–326. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5547