MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR
Abstract
Pendidikan agama Islam, khususnya materi Asmaul Husna, memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik. Pemahaman yang mendalam terhadap Asmaul Husna diharapkan dapat menumbuhkan akhlak mulia dan keimanan yang kuat pada diri peserta didik. Namun, dalam praktik pembelajaran, seringkali ditemui kendala yang menghambat pencapaian tujuan pembelajaran tersebut. Tujuan untuk mengetahui upaya serta peningkatan hasil belajar peserta didik, dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media kartu gambar terhadap aktivitas peserta didik kelas IV pada pembelajaran materi Asmaul Husna. Penelitian tindakan kelas diterapkan untuk melaksanakan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I terdapat 8 siswa (62%) tuntas dalam pembelajaran dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 11 siswa (85%) tuntas dalam pembelajaran. Adanya pembelajaran ini menjadikan siswa merasa senang dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Melalui media ini siswa berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk menemukan pasangan kartu yang mereka peroleh. Hal ini memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran agar dapat memberikan hasil yang terbaik.