PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN DAN HADIS MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-BASED LEARNING

Authors

  • Maryam Danial SMP Negeri 15 Gorontalo

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Qur’an dan Hadis sebagai Pedoman Hidup di kelas VII SMP Negeri 15 Gorontalo melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, dengan nilai rata-rata yang meningkat dari 65,5 menjadi 80,2. Selain itu, terdapat peningkatan motivasi dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi Al-Qur’an dan Hadis, serta membantu peserta didik dalam memahami konsep-konsep yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Maryam Danial. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN DAN HADIS MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-BASED LEARNING . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 412–416. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5556