STRATEGI JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MATERI MENYEMBELIH HEWAN SESUAI SYARIAT ISLAM, AKIKAH DAN KURBAN DI SMPN 8 GORONTALO
Abstract
Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan penguasaan materi pelajaran Agama Islam siswa kelas IX SMP Negeri 8 Gorontalo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 8 Gorontalo Aman yang berjumlah 15 Orang. Terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 70,63 dan siklus II 83,88. Jadi dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pembelajaran Jigsaw berdampak positif dan memiliki keunggulan dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Gorontalo.